Cara Mengenal Tipe Pengunjung Blog Anda

Kenali 7 Tipe Pengunjung Blog Anda!
Salah satu media alternatif yang banyak diminati oleh pengguna internet di Indonesia, bahkan dunia yaitu blog. Pertumbuhan dan jenisnya yang banyak telah membentuk satu komunitas besar yang disebut blogger. Di Indonesia sendiri, jumlah blogger sangat banyak. Satu blogger adakala mampu mengelola blog lebih dari satu. Makara mampu dibayangkan berapa jumlah blog yang aktif dikala ini. Meski jumlahnya yang banyak, masih sangat jarang blogger Indonesia yang konsisten dan memilih pekerjaan full time blogger.
Entah sebab belum ada jaminan blogger itu bakal kaya, atau memilih tidak disebut blogger sebab akan susah menjelaskannya. Apalagi kepada bank untuk pengajuan kredit. Susah...! Dari sekian banyak blog di Indonesia, memunculkan pula tipe-tipe pengunjung blog beraneka macam. Ada yang santai hingga yang beringas juga ada. Berikut, saya merangkum 7 tipe pengunjung blog yang banyak dinegeri ini.

1. Pembaca Diam-diam.
Tipe pertama yaitu silent reader atau blogger yang sukanya membaca diam-diam. Pengunjung tipe ini yaitu orang yang sukanya membaca postingan blog tanpa mau meninggalkan jejak apapun, terutama komentar. Meski tak ada ruginya, namun pengunjung tipe ini adakala menjengkelkan. Karena mereka tidak mau peduli dengan pemilik blog dan ingin menangnya sendiri saja. Tipe silent ini bahkan memiliki jumlah yang paling besar di Indonesia.

(Baca Juga: Cara Membuat Blog/Website Gratis Di Blogspot)

2. Pengunjung Setia.
Blogger yang memiliki tipe pengunjung setia haruslah bersyukur. Karena tipe ini selain setia juga pengertian. Namun, jumlahnya tidak sebanyak tipe silent reader. Meskipun begitu, beberapa blog memiliki pengunjung setia yang besar. Tipe setia ini akan sekaligus membantu pemilik blog untuk berbagi konten yang dibuat. Maka dari itu, tipe ini menjadi dambaan semua blogger. Dengan memupuk pengunjung tipe setia ini dengan baik, akan dengan sendiri menambah trafik lebih tinggi.

(Baca Juga: Cara Setting, Mengatur Dan Menyetel Dashboard Tampilan Pada Blog)

3. Pengunjung Numpang Lewat.
Tipe pengunjung menyerupai ini jumlahnya juga banyak. Mereka hanya sekedar mampir lalu menghilang. Biasanya dikala mereka berkunjung akan meninggalkan jejak berupa komentar. Isi komentarnya pun kadang hanya basa bau belaka. Saat dibalas, mereka takkan pernah muncul lagi. Biasanya, pengunjung numpang lewat ini datang ke blog kita lalu berkomentar hanya untuk balas budi sebab kita sudah blogwalking dan memberi komentar di blognya.

(Baca Juga: Cara Daftar Dan Memasang Histats Di Blog Terbaru Cepat Dan Mudah)

4. Pengunjung Kritis.
Pengunjung tipe ini kadang ada baiknya, kadang pula menjengkelkan. Mereka tidak hanya sekedar berkunjung dan memberi komentar, namun mereka ini biasanya akan membahas segala bentuk detail dari blog dan konten Anda. Tidak sedikit dari mereka yang malah niatnya menghina. Mereka para tipe kritikus ini bukan saja memberi komentar perihal isi postingan, tetapi juga perihal esensi dan mampu juga penggunaan kata atau kalimat dari konten Anda yang tidak sesuai. Ciri lainnya dari pengunjung tipe yang satu ini yaitu komentarnya yang panjang dan detail.

(Baca Juga: Apakah Itu Blog? Pengertian Dan Manfaat Blog)

5. Pengunjung Tukang Jualan.
Jika menemukan tipe yang satu ini, kadang menjengkelkan bukan main. Mereka biasanya menggunakan kolom komentar di blog kita untuk berjualan dan berpromosi perihal produk mereka. Biasanya mereka niatnya memang hanya menggiring pembaca semoga ke website atau blog mereka. Mereka ini berkunjung ke blog lain bukan untuk membaca blog sebab sebuah kebutuhan menerima informasi. Mereka ini berkunjung ke blog dengan suatu misi yaitu mempromosikan produk dan jasa usahanya. Karena saking seringnya ia berkunjung dan berpromosi lewat komentar maka kedatangan mereka ini sering dianggap sebagai spam.

(Baca Juga: Tutorial Lengkap Cara Membuat Blog Menjadi Tampak Profesional)

6. Pengunjung Stalker.
Pengunjung tipe ini hampir sama dengan pengunjung silent reader. Bedanya, niat yang mereka pakai. Kalau silent reader memang hanya ingin membaca blog tanpa ingin ketahuan, tapi pengunjung stalker adakala ada Kepo-nya ikut menyertai. Mereka-mereka ini akan terus setia mengikuti blog Anda namun mereka tidak mau menawarkan identitasnya. Biasanya mereka juga berkomentar menggunakan akun anonim. Meski demikian, pengunjung tipe ini banyak keuntungannya kepada blog.

(Baca Juga: Mengenal Apa Itu Ikhtisar Pada Blog)

7. Pengunjung Suka-suka.
Yang satu ini mampu merupakan gabungan beberapa pengunjung diatas. Biasanya, pengunjung tipe akan berkomentar di blog Anda dengan kata-kata umum, menyerupai "nice infonya", "artikelnya keren" dan lain-lain. Diakhiri komentar, biasa mereka menautkan link ke blog mereka. Tipe semacam ini masih sedikit lebih manusiawi, ketimbang tukang jualan. Walau kadang, pengunjung suka-suka ini tidak membaca postingan dengan baik lalu berkomentar. Mereka ingin cepat-cepat menggiring pengunjung lain ke blognya.

(Baca Juga: Cara Membuat Read More/Baca Selanjutnya Di Blog)

Dari 7 tipe pengunjung yang diutarakan diatas, jujur, saya pernah melakukannnya satu persatu. Hingga akhirnya, saya memilih menjadi blogger yang baik dan berbuat santun di blog orang lain. Kadang malah blog yang tidak memberi link hidup pada komentarnya, akan saya kunjungi balik, ketimbang yang dengan sengaja memberi link. Tapi semua itu sah-sah saja.
Satu hal yang sudah tentu akan saya hapus dari daftar kunjungan yaitu blog spam yang dihampir semua halaman mengisi komentarnya, diwaktu yang hampir bersamaan dengan isi komentar yang hampir serupa pula. Jengkelnya minta ampun.
Kalau kalian, ada dipengunjung tipe yang mana?

Semoga bermanfaat dan terimakasih....
Share This :

Related Post



sentiment_satisfied Emoticon