Google Drive Pengertian Dan Kegunaannya

Sudah Tahukah Anda Apa Itu Google Drive?
Google memang tidak pernah berhenti berinovasi. Dari banyak layanan yang disediakan, salah satunya yang menguntungkan yaitu Google Drive. Tentu semua bertanya mengapa menguntungkan, sebab Google memberi kita penyimpanan data gratis sebanyak 15 GB. Google Drive sendiri yaitu layanan penyimpanan daring atau awam yang dimiliki oleh Google. Aplikasi ini diluncurkan pada 24 April 2012. Layanan yang merupakan ekstensi dari Google Docs ini awalnya hanya menyediakan kapasitas maksimum 5 GB, namun seiring waktu meningkat menjadi 15 GB.
(Baca: Cara Membuat Dan Menampilkan Beranda/Home Di Blogspot)
Jika Anda mengenal Google Docs dan berniat membukanya maka secara otomatis akan mengganti URL docs.google.com dengan drive.google.com setelah diaktifkan.
Layanan gratis dari Google ini masih sering disepelekan banyak blogger.
Padahal banyak hal yang bisa dilakukan dengan Google Drive. Keunggulan utamanya, sebab ia bernaung dibawah bendera Google. Tentu semua sudah tahu, raksasa mesin pencari ini masih belum tertandingi dalam bidang teknologi sampai kini.

(Baca: Cara Menghapus Atau Menghilangkan Navbar Dan Elemennya Di Blogger)

Google Drive pada dasarnya hampir sama dengan Dropbox, yaitu kemampuan melaksanakan sinkronisasi data melalui folder khusus di dalam desktop atau lebih dikenal dengan Desktop Sync Clients. Namun keunggulan menggunakan Google Drive jauh lebih besar ketimbang menggunakan Dropbox. Dimana file yang tersimpan sudah barang tentu terintegrasi dengan fitur-fitur Google lainnya, menyerupai Gmail, Google + dan Google Search.

Anda bisa menyimpan file apa saja di Google Drive. Ruang penyimpanan online Google ini dapat menampung apa saja, bisa foto, cerita, desain, gambar, rekaman, video dan apa saja. Versi mobile yang disediakan juga memudahkan untuk mengakses file tersebut kapan dan dimana saja setiap saat.

(Baca: Cara Membuat Sitemap Otomatis Dan Keren Di Blogger SEO Friendly)

Satu hal yang membuat Google Drive menjadi pilihan banyak blogger atau webmaster sebab fitur bawaannya yang mumpuni yakni API's untuk para Developer. Fitur ini menjadi unggul sebab Google Drive telah terhubung dengan puluhan aplikasi pihak ketiga. Senada dengan Dropbox, layanan Google Drive juga tidak selamanya gratis. Walau menyediakan kapasitas penyimpanan 15 GB, namun layanan ini bisa ditingkatkan sampai 100 TB. Tapi dengan syarat, semua memiliki harga yang pantas. Penyimpanan gratis sebesar 15 GB dan dapat ditambahkan dengan pembayaran tertentu.

Sekian dan Terimakasih agar bermanfaat.
Share This :

Related Post



sentiment_satisfied Emoticon