Cara Membuat Dan Menampilkan Beranda/Home Di Blogspot

Cara Membuat Dan Menampilkan Halaman Beranda di Blog
Untuk membuat tampilan blog menjadi mengagumkan sangatlah penting, itu dibuat biar para pengunjung mampu betah berlama-lama melihat mengelilingi Blog (Rumah) kita. Salah satu yang banyak dipertanyakan blogger, terutama bagi pemula yaitu bagaimana caranya membuat dan menampilkan tombol 'Home' atau 'Beranda' di kepala blog (header).
Dan pertanyaan yang sama juga kerap menghampiri saya sendiri semenjak memulai berkenalan dengan blog. Setelah sekian lama mencari tau di om google dan dari sumber-sumber yang terpercaya, jadinya pertanyaan tersebut dapat terjawab semua.

( Baca Juga Cara Membuat Blog/Website Sendiri Gratis Di Blogger )

I. Cara Membuat Halaman Beranda/Home.
Sebenarnya ada beberapa cara untuk membuat halaman beranda / home di blogspot, namun dipostingan saya kali ini yang saya jelaskan yaitu trik yang paling mudah.
CATATAN : Setelah template pada blog ini diubah, cara ini sudah tidak digunakan di blog ini, tetapi fungsinya masih mampu dipakai oleh sahabat blogger.
Secara garis besar, ada 3 (tiga) hal yang harus dilakukan:
  1. Membuat postingan yang umum, yang menjelaskan garis besar isi blog.
  2. Merubah format tanggal penerbitan postingan umum tersebut.
  3. Merubah jumlah postingan yang muncul pada halaman utama/ beranda/ homepage.

II. Berikut ini yaitu Penjelasannya:

1. Membuat postingan yang umum, yang menjelaskan secara garis besar isi blog. Pada dikala kita melihat sebuah website yang memiliki hosting sendiri dan mengklik halaman berandanya, yang muncul yaitu halaman index yang berisikan sambutan atau penjelasan secara umum isi website tersebut.

Untuk membuat hal yang sama dengan website berbayar, Apakah hal ini mampu di lakukan? Jawabnya bisa, langkah awal yaitu membuat postingan yang umum, yang menjelaskan garis besar isi blog dan untuk memperbaikinya kita hanya melaksanakan 'edit entri'.

2. Merubah format tanggal penerbitan postingan umum. Setelah membuat postingan menyerupai pada point 1 di atas, segera terbitkan postingan tersebut dan kemudian edit kembali. Lihat gambar berikut:
3. Setelah masuk pada halaman 'edit entri', pilih "postingan umum"(postingan yang akan dijadikan homepage).
4. Selanjutnya, bila sudah masuk pada halaman pengeditan, silahkan pribadi mengklik "Opsi Entri" atau "Post Options".
5. Rubahlah Format tanggal penerbitannya, usahakan di rubah pada tanggal terbaru. Perlu diingat, pada pengaturan default blogger, postingan terbaru selalu berada di atas). Nah, bila ingin menimbulkan "postingan umum" (yang telah dibuat pada langkah nomor 1) selalu muncul pada halaman beranda atau home, ubahlah tanggalnya "semuda mungkin", Jika sahabat telah mengerti dan merubah format tanggalnya, silahkan klik "terbitkan entri".

6. Merubah jumlah postingan yang muncul pada halaman utama/ beranda/ homepage. Langkah terakhir yaitu mengatur atau merubah jumlah postingan yang muncul pada halaman utama. Caranya yaitu sebagai berikut :
  • Masuk ke halaman Dashboard anda.
  • Masuk Pada halaman "pengaturan".
  • Setelah masuk pada halaman pengaturan, klik "Format".
  • Carilah goresan pena "Tampilkan", rubahlah angka yang ada menjadi 1. Perhatikan gambar di bawah:
  • Seperti tampak pada gambar di atas, angka 5 diubah menjadi 1. Pastikan pada menu dropdownnya pilih 'posting'. Artinya, bila kita memilih angka 1, berarti kita 'memerintahkan' biar jumlah goresan pena yang muncul pada halaman utama yaitu 1, yaitu goresan pena / postingan terbaru. Terakhir, klik Save atau "simpan setelan".
Logikanya, Postingan yang telah dirubah format tanggalnya menjadi format "tanggal terbaru" akan selalu muncul pada halaman Homepage.
( Baca Juga Cara Membuat Header Blog Menggunakan Logo/Gambar )

III. Cara Menampilkan Home/Beranda Pada Blogspot.
Di blogspot, 'Home' ini memang tidak ditampilkan begitu saja. Namun mampu ditampilkan kapan pun yang kita mau. Caranya sangatlah mudah, Langkah pertama yaitu masuk ke acount Blogspot Anda, disisi kiri dasbor carilah goresan pena 'Laman'.

Klik goresan pena tersebut dan Anda akan dihadapkan pada tampilan menyerupai ini.

Pada goresan pena 'Beranda' dibawahnya terdapat goresan pena 'Edit | Lihat' bila anda ingin merubah goresan pena 'Beranda' jadi 'Home' silahkan klik 'Edit', bila mau menggunakan 'Beranda' ya biarkan saja.

Selanjutnya, diatas ada tombol bertuliskan 'Jangan tampilkan'. Klik disana. Anda akan diberi tiga pilihan 'Tab atas' 'Tautan samping' dan 'Jangan tampilkan'. Dalam blog ini kita pilih 'Tab atas' sehingga posisi sempurna ada disebelak kiri atas pada blog.

Setelah dipilih, silahkan anda klik 'Simpan Setelan' yang berwarna orange di pojok kanan atas. Setelah itu, lihatlah apa yang telah Anda lakukan. Woo... sekarang menuju halaman Home Page sangat mudah, tinggal mengklik tombol 'Home'. Mudah bukan...!

Untuk menampilkan menu 'Home' di Blogspot kita tidak perlu lagi melaksanakan dengan cara di atas. Blogspot telah menambahkan aplikasi ini di widget. Anda Bisa mengaksesnya dengan masuk ke Tata Letak dan pilih "Laman".

Setelah itu akan muncul jendela baru, centang "Beranda" untuk menampilkannya. Pada widget ini Anda juga mampu menampilkan menu yang lain menyerupai menambahkan laman gres dan sebagaianya.

Jika sudah melaksanakan langkah tersebut lihatlah hasilnya, gampang kan ...!!

Nah...Mungkin itu dulu yang mampu saya sampaikan pada postingan saya kali ini, dilain waktu kita akan berjumpa kembali dengan postingan saya yang berbeda topik dan pembahasannya. Atas kunjungannya dan kesediaannya untuk membaca, saya ucapkan Terimakasih.....
Share This :

Related Post



sentiment_satisfied Emoticon