Cara Membuat Sitemap Otomatis Dan Keren Di Blogger SEO Friendly

Cara Membuat Sitemap Keren.

Cara membuat sitemap di blogger sangatlah mudah (itu menurut saya, tapi kalau bagi anda yang gres buat blog mungkin gampang-gampang susah hehehehe...), tapi anda jangan khawatir wacana duduk perkara itu, dipostingan gue kali ini gue akan menuntun anda untuk membuatnya.

I. Pengertian Dari SiteMap.
Menurut mbah Wikipedia yang dibisikkan sama saya, Sitemap yakni salah satu alat bantu untuk para webmaster yang mempermudah dalam pengenalan peta situs di dalam website. Dengan begitu, mesin google dengan mudah menjelajah dan meraih halaman-halaman yang ada di dalamnya.

Sama halnya dengan webiste pada umumnya, blog juga memerlukan sitemap biar mesin pencari dengan mudah mendeteksi konten di dalamnya. Dalam sistem sitemap ini pengguna dapat melaksanakan submit peta web berbasis XML pribadi ke Google yang akan membantu Google mengindeks halaman web dengan mudah.

( Baca Juga Cara Membuat Tombol Follow Me Twitter Di Blog )

Salah satu keterbatasan blog yakni kurangnya ruang indeks atau sitemap (daftar isi) yang tidak dimiliki oleh situs untuk mempermudah para pembacanya mencari semua artikel yang mereka butuhkan. Sementara Arsip, Label, Random post dan Recent post hanya memberi artikel yang tidak semuanya mampu pribadi di tampilkan blog, sehingga mereka kesulitan untuk menemukan artikel yang mereka sukai.

II. Fungsi Sitemap (Daftar Isi).
Adapun fungsi dari Sitemap (Daftar Isi) itu sendiri yakni untuk memudahkan pengunjung menelusuri semua konten yang ada pada blog kita secara mudah. Selain itu, sitemap juga akan terbaca oleh spider search, sehingga peluang untuk menerima banyak pengunjung terbuka lebar.

( Baca Juga Cara Membuat dan Memasang Google Custom Search Engine Di Blog )

III. Cara Membuat Sitemap.
Untuk membuat sitemap bergotong-royong cukup beragam. Jika anda menggunakan blog platfotm Blogger/Blogspot, sebagian besar sitemap dibuat dengan menggunakan isyarat Javascript. Membuat sitemap menggunakan Javascript memang lebih mudah dan cepat. Dan bila anda pengguna platform Wordpress (self hosted), maka anda cukup menggunakan plugin untuk membuat sebuah daftar isi/sitemap.

Nah pada kesempatan kali ini gue ingin membuatkan wacana bagaimana cara membuat sitemap otomatis di blogger 100% SEO friendly yang dapat menampilkan semua artikel yang di pisahkan dengan Label yang telah anda publiskan. Sitemap ini juga akan menampilkan tanda "New" yang terdapat pada artikel gres anda.

( Baca Juga Cara Pasang Tombol Share Pada Blog )

A. Langkah-langkah Membuat Sitemap.
Berikut yakni langkah-langkahnya.... Silahkan anda ikuti.

1. Silahkan anda Login ke Dashboard Blogger dan pilih blog anda.

2. Kemudian silahkan anda Pilih Pages/Halaman >> New Page/Halaman Baru dan akan tampil halaman kosong.

3. Pada halaman kosong, anda pilih mode HTML lalu copy paste isyarat di bawah ini dan jangan lupa beri judul sitemap/daftar isi.
Silahkan anda Ambil Codenya Dibawah ini :

<style type="text/css">
#toc{width:99%;margin:5px auto;border:1px solid #2D96DF;-webkit-box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2);-moz-box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2);box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2);}
.labl{color:#FF5F00;font-weight:bold;margin:0 -5px;padding:1px 0 2px 11px;background:-moz-linear-gradient(right,#C2EAFE 0%,#055A85 40%);background:-webkit-gradient(linear,left 10,right 80,color stop(0.20,#055A85),color-stop(1,#C2EAFE));border:1px solid #2D96DF;border-radius:4px;-moz-border-radius:4px;-webkit-border-radius:4px;box-shadow:3px 3px 1px #bbb;-moz-box-shadow:3px 3px 1px #bbb;-webkit-box-shadow:3px 3px 1px #bbb;display:block;}
.labl a{color:#fff;}
.labl:first-letter{text-transform:uppercase;}
.new{color:#FF5F00;font-weight:bold;font-style:italic;}
.postname{font-weight:normal;background:-moz-linear-gradient(right,#C2EAFE 0%,#fff 40%);background:-webkit-gradient(linear,left 80,right 10,color-stop(0.60,#fff),color-stop(1,#C2EAFE));}
.postname li{border-bottom: #ddd 1px dotted;margin-right:5px}
</style>
<br />
<div id="toc">
<script src="https://googledrive.com/host/0ByNodV_m9cVLR0pmWFgwZ1NmdW8/" type="text/javascript"></script>
<script src="http://tipswebsitee.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc">
</script></div>
Silahkan anda ganti Url http://tipswebsitee.blogspot.com menjadi situs anda (Jika Tidak diganti yang terbuka nanti Sitemap gue hehehehe...).

4. Langkah selanjutnya, Jika anda tak ingin sitemap anda di komentari, silahkan klik pada options di sisi kanan dan pilih don't allow, hide existing compose mode.

5. Kemudian sebelum Klik publiskan, terlebih dahulu anda intip dulu dengan cara klik pratinjau, kalau akhirnya sesuai dengan yang anda inginkan gres deh anda publishkan dan simpulan sudah sitemap anda sudah jadi dan tinggal anda menampilkan sitemap anda di menu, menyerupai milik gue dibawah ini.

Nah....Gampang bukan?? Saya rasa cukup sekian dulu postingan gue kali ini wacana bagaimana cara membuat Sitemap di Blogger, lebih dan kurangnya gue ucapkan Terimakasih.....Selamat Mencoba......
Share This :

Related Post



sentiment_satisfied Emoticon